Tips

Fresh Graduate Attention! Ini 5 Tips Interview Kerja untuk Tingkatkan Potensi Diterima

Interview di depan mata? Ini tips untuk jalankan interview kerja agar diterima!

Featured-Image
Ilustrasi Tips Interview Kerja

EMPATPAGI.COM –Dalam dunia kerja nyata, kamu tentu akan mengalami fase perekrutan dalam sebuah perusahaan yang akan menjadi tempat kerja atau kantor kamu. Dalam fase perekrutan, kamu akan diwawancarai atau melakukan interview untuk mengetahui apakah kamu layak untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Interview ini biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk membandingkan antara satu dengan kandidat lainnya yang melamar kerja di suatu perusahaan.

Kemudian nantinya hasil dari perbandingan tersebut akan terpilih satu atau lebih dari kandidat yang lebih memenuhi syarat dan cocok dengan jobdesk yang diajukannya.

Melakukan interview tentu merupakan hal yang pernah dilakuakan oleh sebagian besar fresh graduate saat hendak menjalankan program magang. Namun tentunya akan sangat berbeda untuk melakukan interview magang dengan interview kerja yang sesungguhnya.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 tips interview kerja yang wajib fresh graduate ketahui.

5 Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate

1. Lakukan Riset

Person S Hands On Top Of Macbook Air
Person S Hands On Top Of Macbook Air (Pexels.com/Christina Morillo)

Hal yang sering dilakukan oleh para fresh graduate saat melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan adalah dengan melamar tanpa membaca secara detail tentang profil perusahaan tersebut.

Baca juga: 5 Tips Memulai Investasi Saham yang Menguntungkan, Untuk Pemula!

Tips yang harus dilakukan para fresh graduate sebelum menjalankan interview adalah dengan melakukan riset mengenai profil perusahaan yang dilamarnya.

Mengetahui tentang dasar perusahaan tentu akan meningkatkan potensi kamu untuk dapat diterima di perusahaan tersebut oleh rekruiter.

2. Ceritakan Pengalaman Magang

Adult African American People Black Women Business
Adult African American People Black Women Business (Pexels.com/Christina Morillo)

Untuk kamu yang sempat menjalankan program magang di tengah perkuliahan, maka kamu bisa jadikan pengalaman kamu saat magang sebagai salah satu tips interview kerja.

Dengan adanya pengalaman yang mengesankan saat melakukan magang, sang pewawancara tentu akan mempertimbangkan pengalaman yang telah kamu dapatkan di tempat magang yang tentu akan menjadi potensi kamu untuk dapat diterima di sana.

3. Hindari Jawaban Umum

Therapist Giving Advice
Therapist Giving Advice (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Saat sang pewawancara melontarkan beberapa pertanyaan kepadamu saat melakukan interview, kamu harus hindari jawaban yang biasa saja.

Baca juga: "Workcation" - Liburan Pendapatan Tetap

Maksudnya adalah kamu dapat berikan penjelasan serta memasukkan beberapa kelebihan dari diri kamu saat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Usahakan menjadi percaya diri saat melakukan interview.

4. Hindari Memberikan Informasi yang Berlebihan

Crop Men Sitting At Table
Crop Men Sitting At Table (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips interview kerja lainnya yang wajib dipertimbangkan oleh para fresh graduate adalah dengan tidak memberikan informasi secara berlebihan.

Meskipun memberikan informasi tentang diri kamu merupakan hal yang diinginkan oleh para pewawancara, namun memberikan informasi tentang diri sendiri yang terkesan sombong tentu akan membuat sang pewawancara merasa kamu sok pintar.

Kamu bisa memberikan informasi terkait skill yang kamu miliki, namun pastikan informasi yang tersampaikan mengenai diri kamu tidak berlebihan.

5. Jangan Panik

Project for TheTonik.Co
Project for TheTonik.Co (Unsplash/Tonik)

Saat di tengah melakukan interview, tentu kamu akan mendapatkan sejumlah pertanyaan yang tak terduga dari sang pewawancara. Hal tersebut tentu akan membuat kamu nge-freeze selagi memikirkan jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Namun kamu nggak perlu khawatir! Kuncinya adalah jangan panik, sehingga kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pikiran yang jernih.

Tips untuk melakukan interview kerja ini adalah dengan memberikan contoh-contoh dari pertanyaan yang diberikan.

Biasanya akan berkaitan dengan bagaimana kamu mengatasi situasi yang buruk saat mendapatkan pekerjaan yang mendesak atau di bawah tekanan.

Nah, itu lah kelima tips interview kerja yang wajib disiapkan oleh para fresh graduate sebelum memulai interview. Semoga bermanfat!

Baca juga: Ini 5 Cara Mendapatkan Uang dari Google, Bisa Sambil WFH!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz