Psikologi

Trypophobia Ganggu Keseharian? Ini 5 Hal yang Ampuh Bantu Kurangi Rasa Fobia

Merasa terganggu saat melihat lubang dalam jumlah banyak? Nih, baca cara atasinya!

Featured-Image
Trypophobia

EMPATPAGI.COM - Istilah trypophobhia baru saja terkenal pada beberapa tahun lalu semenjak beredarnya video makeup artist yang memperlihatkan keahliannya dalam membuat lubang-lubang pada kulitnya. Beredarnya video tersebut menjadikan banyak orang merasa terganggu dengan beredarnya video tersebut di media sosial.

Meskipun keberadaan trypophobia masih diragukan kenyataannya, namun banyak yang berasumsi bahwa merasa terganggunya dari video tersebut disebabkan oleh sebuah fobia atau ketakutan yang disebut dengan trypophobia.

Memiliki ketakutan terhadap lubang merupakan hal yang cukup mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, terlebih jika fobia ini telah mengambil alih diri kamu alias sudah parah.

Terkait hal tersebut, berikut adalah cara penanganan dari trypophobia yang bisa kamu lakukan guna mengurangi rasa terganggu akibat lubang-lubang yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Hal yang Bisa Bantu Rawat Trypophobia

1. Konsultasi

Trypophobia - Konsultasi
Trypophobia - Konsultasi

Menemui seorang ahli dalam masalah tyropophobia ini merupakan hal yang harus kamu lakukan guna menanggulangi fobia ini. Kamu bisa melakukan konsultasi terhadap psikolog dengan menjelaskan masalah gangguan yang kamu alami. Kamu bisa mencari seorang psikolog yang ahli dalam Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Exposure Therapy.

  • Apa itu CBT?CBT merupakan sebuah terapi yang dilakukan guna merubah pola pikir otak tentang sejumlah hal yang membuatmu ketakutan. Dalam terapi ini, kamu akan berhadapan langsung dengan praktik tentang hal yang membuat kamu tidak nyaman.
  • Apa itu Exposure Therapy?Membayangkan lubang-lubang akibat trypophobia tentu akan menyiksa hidup para penderitanya. Hal tersebut bisa diperbaiki dengan melakukan Exposure Therapy atau terapi pemaparan, yang bertujuan untuk mengurangi respon emosi negatif.

2. Meditasi

Trypophobia - Meditasi
Trypophobia - Meditasi

Ketika kamu memiliki sebuah fobia, tentu kamu akan merasa tertekan atau terganggu dan hal ini jelas akan menghambat segala aktivitas jika trypophobia telah mengarungi tubuh dan pikiranmu.

Dengan memiliki trypophobia, tentu akan mengganggu dan membuat resah di saat melihat lubang-lubang di sekeliling. Untuk merawat masalah ini, kamu bisa melakukan meditasi guna menghilangkan rasa ketakutan yang dialami. Beberapa meditasi yang dapat membantu mengurangi ketakutan akibat fobia jenis trypophobia antara lain:

  • Mindfulness meditationMerupakan jenis meditasi yang dilakukan selama 8 minggu berturut-turut unutk menghilangkan kegelisahan, stres, dan depresi.

Baca juga: Telat PMS? Ini 5 Cara Agar Cepat Haid Dengan Mudah dan Aman!

  • Movement meditationJenis meditasi ini dilakukan dengan adanya aktivitas fisik, seperti yoga, berjalan di tengah hutan, berkebun, serta sejumlah aktivitas fisik lainnya yang dilakukan dengan perlahan.

3. Obat

Trypophobia - Obat
Trypophobia - Obat

Cara lain untuk mengurangi trypophobia adalah dengan mengonsumsi obat. Mengonsumsi obat-obatan terkait dengan anxiety atau kecemasan bukanlah jenis obat yang dapat ditemukan dan dibeli tanpa menggunakan sebuah resep dokter.

Kamu bisa mendapatkan resep dokter dengan berkonsultasi terlebih dahulu. Meskipun demikian, kamu juga bisa menggunakan beberapa perawatan alami yang juga dapat membantu mengurangi anxiety, antara lain adalah:

  • LavenderWangi bunga lavender merupakan aroma bunga yang kerap ditemukan di dalam produk aromaterapi. Hal tersebut disebabkan dengan aromanya yang menenangkan pikiran.

Baca juga: Ini 5 Obat Kuat yang Aman dan Alami, Pakai Bahan Tradisional!

  • Lemon BalmJenis tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam kategori keluarga mint. Tak hanya mampu mengurangi stres, kecemasan yang disebabkan oleh trypophobia, tumbuhan ini juga dapat membantu penyakit insomnia.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Trypophobia - Makan Sehat
Trypophobia - Makan Sehat

Tak hanya terapi dan obat-obatan yang dapat membantu mengatasi fobia seperti trypophobia, mengonsumsi makanan yang sehat tentu akan membantu mengurangi masalah ini.

Baca juga: 5 Tips Diet Keto untuk Pemula! Hindari Flu Keto!

Pasalnya, memiliki pola makan yang tak sehat dengan kurangnya nutrisi pada tubuh akan membuat tubuh rentan merasa cemas, stres, depresi, dan lain sebagainya. Ada banyak jenis makanan yang dapat mengurangi rasa cemas yang diakibatkan oleh trypophobia, antara lain:

  • Telur
  • Dark chocolate
  • Chamomile
  • Green tea

5. Istirahat yang Cukup

Trypophobia - Istirahat yang Cukup
Trypophobia - Istirahat yang Cukup

Memiliki waktu istirahat yang kurang tentu akan sangat berpengaruh terhadap tubuh dan pikiran, terlebih jika kamu menderita penyakit trypophobia.

Tubuh yang kurang istirahat tentu akan lebih rentan terkena stres, kecemasan, depresi dan lain sebagainya, yang mana berkaitan erat dengan munculnya sebuah fobia.

Itu lah kelima cara yang dapat membantu mengurangi trypophobia atau fobia terhadap lubang-lubang.

Meskipun kebanyakan di antaranya difokuskan untuk mengurangi kecemasan atau anxiety, namun hal tersebut nyatanya memiliki keterkaitan yang besar antara satu sama lain. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Punya Masalah Menyangkut Kejiwaan? Ini 5 Situs dan Aplikasi Curhat Online Terbaik

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz