Vagina

Vagina Mati Rasa? Emang Beneran Bisa Ya?!

Vagina memang merupakan area yang paling sensitif bagi para wanita, ternyata terkadang vagina bisa mati rasa loh, kok bisa ya?!

Featured-Image
Vagina Mati Rasa? Emang Beneran Bisa Ya?!

EMPATPAGI.COM- Saat bercinta dengan pasangan, kita akan merasakan berbagai sensasi di area vagina seperti rasa geli ataupun nyeri. Tapi ada juga loh yang sampai mengalami mati rasa! Situasi mati rasa di vagina mirip sekali dengan rasa kesemutan. Jadi kita gak usah panik, hal ini wajar kok terjadi di kalangan para wanita. 

Dilansir dari Healthline, perasaan mati rasa atau kesemutan pada area vagina hampir sama rasanya saat kaki kesemutan ketika kita tidur. Sensasi aneh ini berkaitan dengan reaksi sistem saraf pada tubuh.

Gairah yang berapi-api saat melakukan aktivitas seksual yang intens dapat menyebabkan sensasi aneh ini muncul. Nah, kondisi mati rasa pada vagina ternyata juga harus kita perlu diwaspadai loh, kenapa begitu?

VAGINA MATI RASA TERNYATA TANDA DARI GANGGUAN KESEHATAN

Woman Lying On Bed Holding Smartphone
Woman Lying On Bed Holding Smartphone (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ternyata sensasi mati rasa pada area vagina itu tidak selalu normal. Kondisi ini mungkin merupakan ciri-ciri kalau kamu sedang memiliki masalah Kesehatan yang serius.

Regina Cardaci, Perawat Kesehatan Wanita dan Asisten Profesor Klinis di NYURory Meyers College of Nursing, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa penyebab mati rasa yang dialami oleh wanita pada area vagina pun beragam jenisnya, apa sajakah itu?

PENYEBAB MUNCULNYA SENSASI MATI RASA PADA VAGINA

1. Stimulasi Berlebihan

Unsplash/Taras Chernus
(Unsplash/Taras Chernus)

Stimulasi berlebihan pada bagian vagina ternyata dapat menimbulkan sensasi mati rasa. "Beberapa orang sangat sensitif setelah berhubungan seks dan tidak suka sentuhan lebih lanjut. Akibatnya mati rasa setelah berhubungan seks akan terasa seperti kesemutan. Bagi sebagian orang, ini bisa membuat frustasi, sebab ketika pasangan ingin melanjutkan (seks) Anda tidak mampu merasakan gairah apapun," ujar Regina Cardaci.

Baca: Langkah Untuk Mengetahui Masalah Kemandulan Pada Wanita!

Nah, sensasi mati rasa pada vagina yang para wanita alami setelah bercinta ternyata bersifat sementara loh, nantinya juga akan hilang sendiri setelah beristirahat.

2. Penggunaan Sex Toy

Womanizer DUO
Womanizer DUO (Unsplash/Womanizer WOW Tech)

Menggunakan Sex Toy untuk menstimulasi area vagina pada umumnya akan menimbulkan sensasi mati rasa setelah mengalami orgasme. Bahkan sebelum wanita mengalami orgasme, penggunaan Sex Toy jenis vibrator yang diatur dengan getaran "kuat" atau "tinggi" dapat menimbulkan efek mati rasa pada vagina. "Tapi ini tidak menyebabkan kerusakan jangka panjang. Turunkan saja modenya menjadi normal," ujar Regina Cardaci.

3. Perubahan Hormon dan Stres

bored woman portrait
bored woman portrait (Unsplash/engin akyurt)

Saat wanita mengalami masa menopause, terjadi kadar perubahan hormon yang dapat menimbulkan sensasi mati rasa pada vagina dan juga penurunan sensasi orgasme.

Menurut Brooke Ritter, DO, Dokter Kandungan di Women's Care Florida di Tampa, Florida, AS menyatakan kalau kondisi ini terjadi karena kadar estrogen wanita yang rendah dan menyebabkan jaringan vulva pada vagina menjadi lebih tipis, kurang elastis, dan kering.

Selain itu tingginya tingkat stres dapat menimbulkan senasi mati rasa pada vagina juga loh. Menurut Brook Ritter, "Fungsi seksual sangat tergantung pada apa yang terjadi secara sadar dan tidak sadar, serta apa yang terjadi secara fisik”.

Terdapat juga studi pada tahun 2014 dari National Center of Biotechnology Information (NCBI) AS, yang mengemukakan bahwa gairah seksual yang menurun juga disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi pada seorang wanita. Hal ini dikarenakan tingginya kadar hormon stres kortisol yang dialami oleh seorang wanita.

4. Komplikasi Persalinan Normal

Unsplash/Jonathan Borba
(Unsplash/Jonathan Borba)

Efek komplikasi pada persalinan normal yang umumnya terjadi jika melahirkan bayi dengan ukuran besar dapat memberikan efek merenggangkan, menekan, atau dapat juga melukai saraf dasar pada panggul wanita.

Menurut Regina Cardaci, "Setiap kali saraf terputus atau pembuluh yang membawa darah ke area tersebut terputus, akan menyebabkan Anda kehilangan sensasi. Tapi kabar baiknya, kondisi ini akan lebih baik setelah 3 bulan.”

5. Trauma

Adult Alone Black And White Blur
Adult Alone Black And White Blur (Pexels.com/Kat Jayne)

Trauma dan cedera fisik yang dialami oleh para wanita dapat juga menimbulkan sensasi mati rasa pada vagina wanita. Tertekannya saraf pudental di perineum wanita saat bersepeda dalam waktu yang lama juga dapat menjadi penyebab permasalahan ini.

Baca: Rahasia Warna Darah Haid Tergantung Periodenya, Jangan Panik!

Reaksi psikologis pun berdampak juga pada vagina sehingga menimbulkan sensasi mati rasa, umumnya hal ini terjadi ketika wanita mengalami ketakutan saat bercinta.

6. Penyakit

A doctor examines mammograms on a view box.
A doctor examines mammograms on a view box. (Unsplash/National Cancer Institute)

Menurut Dr. Kecia Gaither, Direktur Pelayanan Perinatal di NYC Health+ Hospital/Lincoln dan Dokter Spesialis Kandungan, permasalah neurologis juga dapat menimbulkan sensasi mati rasa pada vagina. Penyakit neurologis yang berkaitan adalah seperti tumor, penyakit autoimun seperti lupus, herpes, atau juga diabetes.

Menurut Dr. Kecia Gaiter, "Mati rasa pada vagina juga bisa disebabkan oleh multiple sclerosis, obesitas dan penyalahgunaan zat. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi tapi serius, bisa juga disebabkan oleh sindrom cauda equina. Gangguan ini mempengaruhi saraf yang terletak di sumsum tulang belakang bagian bawah dan harus segera dilakukan pembedahan."

Sakit punggung, nyeri pada bokong, melemahnya kaki, mati rasa di area paha, dan adanya gangguan kesehatan di kandung kemih atau usus juga merupakan penyebab dari timbulnya sensasi mati pada vagina.

Baca: Telat PMS? Ini 5 Cara Agar Cepat Haid Dengan Mudah dan Aman!

Baca: Tak Hanya Benjolan, Ini 5 Gejala Lain dari Kanker Payudara!

Baca: Ini Ciri-ciri Kanker Payudara, Deteksi Sejak Dini!

Komentar

Trending

asdasd
RegisterForgot Password
Ekstensium